Selasa, 23 Februari 2010

SISTEM KEMASYARAKATAN

Sistem Kekerabatan

Kekerabatan adalah unit-unit social yang terdiri dari beberapa keluaraga yang mempunyai hubungan darah atau hubungan perkawinan.Yang termasuk ke dalam anggota kekerabatn adalah ayah,ibu,anak-anak,menantu cucu,kakak,paman,bibi,kakek-nenek,dan seterusnya.

Suatu perkawinan membuat dua kelompok kerabat besar bergabung menjadi satu. Hubungan ini tidak terbatas dalam bidang kekeluargaan saja,tetapi juga kadang-kadang dalam bidang social,budaya,ekonomi bahakan politik.

Kelompok kekerabatan umumnya dapat dibedakan atas beberapa jenis.

1. Keluarga Ambilineal Kecil. Kelompok kekerabatan ini biasanya beranggotakan kira-kira 25-30 orang.Keluarga ambilineal kecil ini menghidupkan rasa solidaritasnya karena mereka menguasai sejumlah harta produktif yang dapat dinikmati bersama. Harta produktif itu biasanya berupa tanah,kolam,kebun,sawah,dan ternak.

2. Keluarga Ambilineal Besar. Anggota dalam kelompok ini terdiri atas beberapa generasi hingga jumlah yang demikian banyak itu,anggota kelompok tidak lagi saling mengenal secara mendalam.Mereka akan berkumpul pada saat-saat tertentu saja,seperti pada saat upacara keagamaan.

3. Klen kecil. Klen kecil merupakan suatu bentuk kelompok kekerabatan berdasarkan ikatan melalui garis-garis keturunan lelaki saja atau garis keturunan perempuan saja. Umumnya, mereka mengetahui hubungan kekerabatan di antara mereka. Mereka saling mengenal dan bergaul karena sebagian besar masih tinggal bersama dalam satu desa atau lingkungan pemukiman,bahkan dalam satu rumah.

4. Klen Besar. merupakan kelompok kekerabatan yang terdiri dari semua kerturunan seorang nenek moyang baik laki-laki maupun peremouan. Keanggotaanya ditarik menurut garis keturunan atau garis keturunan ayah.karena jumlahnya mencapai ribuan orang.umunya mereka tidak saling mengenal.Namun demikin klen besar disatukan oleh tanda lahiriah yang dimiliki bersama.biasaynya berupa nama,nyanyian,dongen2 suci dan lambang.

5. Fratri,adalah kelompok-kelompok kekearabatan yang patrilineal (menurut garis keturunan ayah) atau matrilineal (menurut garis keturunan ibu). Sifatnya local dan merupakan gabungan dari kelompok-kelompok klen setempat,baik yang berskala besar maupun yang berskala kecil.

6. Paroh Masyarakat (Moeity ).adalah kelompok kekerabatan gabungan klen seperti fratri,tetapi selalu merupakan separoh dari suatu masyarakat. Paroh masyarakat merupakan gabungan dari beberapa klen kecil atau klen besar.


Sumber: Buku Sosiologi untuk SMA kelas XI, Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar